Menjaga Kewarasan

Kuat tidak kuat tantangan semakin berasa, ketika seorang mulai berselancar di Internet    semua akan merasakan gesekan. Semua ingin berdiri dipanggung dengan suara yang penuh dengan hiasan kata, wujud nyata terkadang terhambat dengan adanya simpangan, ada yang menemukan jalanya adapula yang keblasuk sampai tak tau arah mengikuti arus, ingin kembali namun tak tahu apa yang di ucapkan sudah ada jejak dalam digital.Gonjang -ganjing 😐

Netizen istilah sekarang ini, bersiap untuk menempatkan diri ada yang mengambil lahan, ada yang tak tahan  saling caci maki hanya karena berbeda pandangan , owalahh…

Siap tidaknya! memang kalau diam tak tahu arah akan mudah terbawa arus, menjaga kewarasan adalah tetap konsisten!  Ngetwit seperlunya dan cari artikel yang mendukung pekerjaan ini salah satu cara saya. Yang sudah bosan isinya saling caci maki, disini saya berusaha untuk terus mencari sesuatu yang saya butuhkan untuk asik sendiri dan asik untuk pekerjaan.

Saya masih kuat dan tidak lemah menghadapi itu semua, tetap 80% apa yang saya dapat membantu Pekerjaan adalah banyaknya orang baik yang saling berbagi dari pengalaman terutama pekerjaan di bidangnya. Tak usah terlalu merespond dari pembahasan yang sedang Trending cukup sepatah kata sebagai ungkapan pandangan saja dan tak usah berlebihan yang terkadang jatuh pada kebencian yang hanya berujung caci maka ibarat bahasa jawa wani angas kiasan yang kelihatan berani tapi sebenrnya takut,  terjun mempunyai kelompok dan sudah ada strategi sebelum mengeluarkan umpan.

Saya mencoba untuk asik sendiri, menahan diri lebih asik membaca artikel yang memang untuk kesiapan diri dijaman Digitalisasi ketika semua sudah kemakan dalam dunia maya, memang gelap tak terlihat di depan mata, menjadi tantangan tersendiri untuk mencari celah.

Dari banyaknya Artikel ternyata saya menemukan bacaan yang pas dalam sepemikiran saya untuk menjaga Kewarasan dengan selalu mengingatkan  untuk keseimbangan dalam bersosial media sekarang ini tulisan dari pak Dosen Taufik Sutanto   (Science & Big Data Analytics) yang memang harus untuk menjaga Kewarasan di dunia maya Faktor-faktor yang Pengaruhi Sentimen Masyarakat dalam Dunia DigitalFaktor-faktor yang Pengaruhi Sentimen Masyarakat dalam Dunia Digital  Tulisan yang menarik untuk mengingatkan Netizen.

Sosial Media  sebagai alat, yang mana dulu adalah untuk kebebasan berekpresi dan berbagi informasi, semuanya berubah ketika sudah menjadi tempat untuk cari panggung yang mana bukan lagi kebebasan untuk diri sendiri tapi kebebasan yang sudah punya aturan main dari sebuah konten yang dibuat untuk mendapatkan reaksi dari Netizen disinilah bah sebagai pengguna lini masa yang selalu menghantui untuk ikut terbawa atau hanya penonton saja.

Jaman Digital ini memang sudah seharusnya untuk  menjaga Etika Dalam Bersosial Media, keuntungan yang di dapat melalui internet memang  mudah terkadang lupa kalau hal yang dikerjakan ini banyak dampak bisa menguntungkan bisa juga merugikan,yang sangat cepat dan reaksi seperti sesuatu yang Viral.

Tetap Berakal untuk Kewarasan dan Tetap Kuat Menghadapi Kenyataan

Salam Sehat

Waras ,Guyub Rukun Agawe Santosa!

Advertisements
This entry was posted in Cara Pandang, Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to Menjaga Kewarasan

  1. Aan says:

    ojo lali sarapan

    Liked by 1 person

  2. Gara says:

    Iyah. Sebisa mungkin kalau dapat informasi di dunia maya dicek dulu kebenarannya, jangan asal di-share, bahkan ketika info itu sesuai keinginan kita: menjatuhkan pihak yang kita benci. Dengan UU ITE yang baru direvisi ini kita harus jadi lebih hati-hati dalam menulis apa pun di dunia maya. Bagaimanapun dunia maya harus jadi tempat yang ramah bagi semua orang, bukan menyakitkan. Ayo terus berkarya dan menulis, hehe. Saya sudah baca ini tadi pagi namun baru sempat komen, mohon maaf ya.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s