Apa Kabarnya Skenario Yang Dikirim?

Sudah 5 tahun yaaa…..pengiriman 2010 dan sekarang sudah masuk diakhir tahun 2015 yaaaa lumayan lama dan ibarat ide yang diberikan ke beberapa PH pada waktu itu membuat hati ini menunggu dan sudah saya abaiakan begitulah, karena belum ada kepastian, apakah sudah di follow up atau hanya mampir di depan meja Security yang terpampang dengan banyaknya tumpukan ide cerita.

Sebenarnya saya keisengan dalam menulis Skenario, pada waktu itu saya pernah mencoba mengembangkan Ide dalam bentuk tulisan dan secara otodidak saya terus mencari tahu dari berbagai cara penulisan Skenario yang baik, untuk tulisan yang sampai saat ini belum saya publikasikan di online baik itu blog atau web sejenisnya, dalam tulisan sampai saat ini sudah merampungkan dengan 100 halaman dalam bentuk ketikan A4 , untuk judul cerita saya masih di otak-atik belum dapat yang pas, begitu juga dengan Editan yang memang butuh waktu ketenangan dan teliti dalam susunan kata dan bahasa yang baik layak di konsumsi publik dan masuk meja Editor.

Jadi begini awal saya mengirim sebuah bundel tumpukan Sinopsis yang sudah saya copy banyak untuk dibagikan ke beberapa PH yang ada di Jakarta, waktu itu saya punya list nama-nama PH dan sesuai karakter PH tersebut baik itu Genre yang sering di Produksi ada layar lebar, ftv dan lain-lain yang tentunya saya kirim di berbagai PH yang pas sesuai Skenario saya.

Dalam pandangan saya apa yang saya tulis dari Ide tersebut, ini karakter untuk sebuah cerita dan tokoh, serta pengembangan karakter yang nantinya memilih jadi sebuah film layar lebar yang mempunyai sebuah penyampaian melalui sosok tokoh dan arti sebuah perjalanan hidup.

Tahun 2010 dimana tahunya paling banyak berhubungan dengan orang-orang film dari Sutradara, Skenario, Sinematografi, DOP dan Produser sampai mengupas Industri Film.

Awal mulanya  nongkrong sama temen-temen yang ada di Serunya Scriptwriting (dulu) dan sekarang agak berubah dikit jadi Serunya Screenwriting dan kebanyakan mereka dari IKJ, Saya berkenalan dengan Perdana Kartawiyudha atau yang sering disebut dengan nama pena Pidi salah satu Founder dari Serunya Screenwriting  begitu saya bergabung dengan Komunitas Film IKJ ini berbagai kegiatan saya hadir Pitching, Workshop, Seminar dan masih banyak lagi dan bertemu dengan banyak orang yang  berkecimpung di dunia Film yang pasti seru dan belajar disini lah asik walau sampai detik ini belum tembus Skenario saya 😀 *mangat*  seberapa pengetahuan yang mereka berikan sangat berarti bagi saya, dan paling tidak tahu untuk Industri Film yang ada di Indonesia dan bonusnya ketemu  Artis hehehe

Untuk Sutradara Indonesia saya masih mengidolakan Riri Riza dan Ifa Isfansyah 🙂

Dari kegiatan dan luang waktu yang ada pada waktu itu, saya boleh dikatakan agak senggang dan gak terlalu sibuk kayak sekarang ini, masih bisa menghadiri berbagai acara yang diadakan oleh teman-teman Serunya, ada 2 tempat yang sampai saat ini masih melekat di hati saya, yang menjadi penyeimbang atas pandangan Inovasi dan berpikir Kreatif dalam Imajinasi, yang seolah terbawa suasana Dramatugi apa yang saya lihat sebuah drama dan memasuki ke dalam pikiran untuk terbawa dan bergerak sebelum orang lain tahu, seolah ada interaksi dalam setiap kegiatan orang sekitar walau tidak kenal namun bisa merasakan apa yang mereka alami, untuk 2 acara yang pernah saya hadiri yang memang penuh dengan pengetahuan yang sangat bermanfaaf.

Pertama dari Mizan Production  yang membahas kesuksesan film Laskar Pelangi (2008) dengan pembicara Gangsar Sukrisno selaku Produser dan ada juga mas Ifa Isfansyah Sutradara dari Film Garuda di Dadaku (2009) yang turut mengisi acara dengan tema ………?…….*saya lupa* intinya dari Film tersebut bertanda lampu hijau yang mana semua mendapat sambutan yang luar biasa, dari Investor yang memang terbilang cukup wah dengan biaya Produksi (kembali modal pastinya yaaa) dari  apa yang dibuat melainkan karya yang diapresiasi dari segi keuntungan pasti terbilang Wah belum termasuk pernak-pernik lain yang begitu laris, Pak Produser menyatakan Sukses dengan menggarap Film Laskar Pelangi. Untuk mas Ifa sendiri dari proses Penyutradaran menanggapi kesamaan ide saat di lokasi shoting tidak semudah Pra-produksi yang memang sebelumnya sudah dimatangkan, namun saat di lokasi ada perubahan walau tidak banyak pasti ada, seperti yang di kutip oleh mas Ifa dalam sebuah Film Sutradara, Skenario dan Produser haruslah mempunyai kesamaan ide yang baik untuk berjalan sesuai harapan dan menyikapi perbedaan bukan untuk ber argument, namun untuk bertambah kreatifitas dan inovasi dalam apa yang sedang dikerjakan.

Kedua  Serunya Seminar Sehari dengan tema “Kiat Sukses Jadi Penulis Skenario Film Bioskop Profesional” dengan pembicara Salman Aristo, Titien Wattimena dan Jujur Prananto , acara pada saat itu yang jatuh pada bulan puasa, mulai jam 1 siang dan selesai setelah buka puasa, gimana nggak enak coba? bayangin aja duduk di kelilingi orang-orang kreatif dengan pandangan ide menarik dan unik memberi inspirasi, dari ketiga pembicara memang mempunyai ciri khas yang unik dan berbeda pastinya, pembahasan lebih fokus  dalam penulisan skenario oleh mas Salman Aristo pengertian struktur dramati 3 babak dan Premis yang menjelaskan dari sebuah konsep dituangkan ke dalam konsep lainya yang bisa disebut Skenario bukanlah karya akhir, dan skenario juga adalah sebuah proses yang ada tingkap-tingkap pada saat menulis, sedikit mikir juga pas mas Salman menerangkang  apa arti dari Premis sederhana yang terlihat sebuah pola dasar dramatik, rumusnya itu lho “a character’s want something badly but having a hard time while getting it ” ini kadang mentok juga disini dan kalau mau lebih tahu tentang penulisan skenario bisa baca buku-bukunya karya Syd Field (Guru Skenario) , untuk Mbak Titien ini identik dengan karya yang boleh dibilang khas dengan tema romantis, filmnya cocok di tonton bareng pasangan, apalagi yang baru jadian 😀 dan ini yang ditunggu juga, materi yang diberikan oleh Pak Jujur Prananto penulis Skenario AADC (Ada Apa Dengan Cinta) ini yang terbilang ngena untuk alur cerita dan karakter pemain yang pas, tapi lebih banyak materi yang dibagikan  tentang perkembangan Industri Film di Indonesia dan Penggagas Lahirnya Sebuah Film yang mana Produser, Sutradara dan PS (Penulis Skenario) bisa jadi sebuah penggagas dengan saling menawarkan .

Saya merasa di 2 acara ini, banyak yang membuat saya lebih bergerak maju dan membuka cara pandang kreatif dan pesan yang saya rasakan, dan cara asik setelah membaca buku yang telah dijadikan bentuk visual lebih dekat merasakan dan pastinya hidup, menanggapi berbagai ekspresi senang, sedih dan inspirasi saat penulisan karatker dan pengembangan sebuah tokoh, benar-benar terbawa susana hehe

Oh iyaaa untuk Skenario yang dikirim ada 2 bisa dilihat dibawah ini

Pernah ngirim ke MD juga entah sampai sekarang nggak ada kabarnya, pas ngirim juga udah ketemu langsung dengan tim kreatif termasuk 7 PS di MD bilangnya sih nunggu kabar aja kalau di follow up nanti *namanya juga usaha*

nah ini yang seru nyari alamat, pas ketemu di Ciganjur lumayan jauh dari Senayan sempat kebablasan dan akhirnya ketemu mbak pake jilbab yang sempat ngobrol dan duduk sambil sedikit menjelaskan isi Sinopsi dan yang lain-lain 😀

IMG00041

PH yang menggarap film Laskar Pelangi

itu dulu deh….. dari tahun 2010 memang banyak cerita dari sana….sampai sini…..yang terbilang modal memberanikan diri tanpa keahlian dibidangnya, lah wong kuliah jurusan IT njuk nyamping ke Jurusan Film dan DKV namanya juga mencoba gak ada salahnya selagi mau dan punya Ide kali aja beruntung kan? hehe

setidaknya pengalaman lah yang berharga, walau belum mencapai dengan tujuan yang diinginkan 🙂

Tapi sekarang sudah menemukan yang cukup dan banyak hal yang menyenangkan berada disekitar orang-orang yang mempunyai kemandirian dalam usaha dan bergerak dalam Jurusan yang dulu pernah dipelajari gak jauh dengan seputar Teknologi Informasi dan Komunikasi

This entry was posted in Cara Pandang, Cerita Sekitar. Bookmark the permalink.

3 Responses to Apa Kabarnya Skenario Yang Dikirim?

  1. Yang penting punya kemauan dan berani mencoba yaaaa kak

    Like

  2. tetap semangat, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

    Like

Leave a Reply

