Januari di Tahun 2018

Apa yang jadi konsisten di tahun ini adalah merubah pola kebiasaan dari sebelumnya, niat dari awal memang saya untuk merubah kebiasaan di tahun 2017 untuk lebih sehat , pola makan dan menjaga tubuh agar tetap ideal.

 

Sudah sampai mana resolusi 2018 selama sebulan ini?

1. Yang jadi kebiasaan setiap pagi setelah sholat subuh dan sebelum berangkat kerja untuk mengambil bagian dari berbagai gerakan dibawah ini FB_IMG_15159784580491568

 

 

2.Hal yang utama dalam menjalani pola hidup sehat adalah  dari pola makan yang benar2 harus dijaga dan memahami, sayapun sudah mengurangi makanan (jajan di pinggir jalan gorengan dan sejenisnya, begitu juga makanan fast food sudah benar2 selama sebulan tidak menyentuh , untuk cemilan saya utamakan  buah dan makanan2 yang berupa biskuit dan cemilan olahan pun sudah benar2 saya batasi memahami kandungan yang ada dan mengurangi gula dan garam sayapun mulai membatasi

IMG-20180127-WA0006

Aprilianto Amir (GERDians Bogor) Foto Group GAI

 

 

3.Sebagai seorang muslim agar tubuh tetap sehat pun melakukan puasa sunnah yang dianjurkan yakni puasa Senin-Kamis untuk Menjaga kesehatan dan kadar lemak, Bikin jiwa lebih tenang, Lebih peka lingkungan sekitar, Mengeluarkan racun dalam tubuh, Memberikan istirahat untuk organ pencernaan dan masih banyak lagi manfaat yang di dapat.

IMG_20180101_115039

 

4.Check Body Composition (Pengukuran Komposisi Tubuh dengan Tanita SC-330)

IMG_20180124_130102_991

Rincian sebagai berikut :

  • Body Fat % (Jumlah kandungan lemak di tubuh dari total berat tubuh) Berat saya 61.3kg , Fat %  saya 11.9 % jadi berat lemak tubuh saya ada di 7.3kg masih boleh makan daging tapi tetap kontrol ,Tinggi saya 172 cm dengan berat 61.3kg jadi body fat saya berada disekitar 10 – 20% , usia diatas 28th dibawah 39th hasilnya dibawah yaa

 

bfr_stdAdult

Body Fat Ranges

body-fat-percentage-men

Body Fat %

  • FFM (Free Fat Mass) Semua bagian ditubuh bukan lemak seperti otot, tulang, jaringan dan lainya. FFM saya berada di 54.0kg
  • Muscle Mass (Berat otot dalam tubuh) jadi ini salah satu alasan saya untuk Gym untuk menambah masa otot
  • TBW (Total Body Water) Jumlah kandungan air di tubuh saya 60.0%  optimalHydration
  • Bone Mass (Berat Tulang dalam Tubuh) Berat tulang saya di 2.8kg masuk kategori Normal
2

Takaliuang

 

  • BMR (Basal Metabolic Rate) jumlah kalori yang dipakai tubuh untuk menggerakan organ-organ tubuh . Nilai BMR saya di 1504 kcal
  • Metabolic Age (Body Age) perhitungan angka yang mengindikasikan umur tubuh dari tipe metabolisme. Jika lebih tinggi dari umur kelahiran, maka dalam keadaan overweight ataupun obesitas. Jika metabolic age lebih rendah dari tahun kelahiran, hal ini menunjukkan bahwa tubuh kita dalam keadaan sehat, makin rendah makin sehat. Saya berada di 17 Tahun
  • Visceral Fat ( lemak yang ada di sekitar organ perut). Lemak ini tidak terlihat dari penampakan luar, ia berada di bagian dalam. Orang dengan visceral fat tinggi, sangat rentan terhadap serangan jantung dan diabetes tipe 2.Batas normalnya 1-12, di atas angka 12 sudah masuk kategori berbahaya. Omron research mematok nilai lebih ketat, 1-9 adalah normal, 10 ke atas dianggap tinggi. Visceral fat saya menunjukkan angka 3Semua penghitungan di atas menunjukkan angka normal dan dari hasil tersebut yang perlu ditingkatkan adalah masa otot dan makan yang cukup boleh gemuk tapi gemukin otot 🙂

5. Carilah orang yang menjadi motivasi dalam menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan aktivitas fisik (olahraga) baik itu saudara maupun orang2 sekitar yang memberi dampak positif dalam  lingkungan sehat dan berpikir hal positif untuk tubuh jadi investasi yang paling berharga rawatlah kesehatan, jaga diri manage pikiran

IMG_20180107_105229_277

:p

Intinya sedikit demi sedikit karena semua proses harus bisa memahami kondisi fisik dan memahami keadaan sekitar, Sehat itu Pilihan ketika sedang memulai memang godaan banyak tapi tetap komitmen untuk menjalani dengan senang dan harus menjadi pola hidup sehat terbiasa , sudah tidak begadang, alhamdulillah tidurpun cukup

IMG_20180102_064253

Advertisements
Posted in Cara Pandang, Cerita Sekitar, Foto Sekitar | Tagged , , , | Leave a comment

Resolusi 2018 Hidup Lebih Sehat, Merubah Pola Makan dan Gaya Hidup Tak Sehat

Tahun 2017 tidak terasa segera berakhir, dari pengalaman yang didapat tahun ini sangat jadi pelajaran penting dalam hidup saya, dari kebiasaan yang menjadi gaya hidup jaman sekarang serba memudahkan aktifitas sehari2, baik itu Pola Makan, Pola Hidup dan Pola Pikir yang memang harus selalu dikontrol agar tidak lengah dan kebablasan tanpa melihat Tubuh yang mana ada kapasitas masing2 baik daya tahan tubuh, maupun gaya hidup yang tidak teratur. Diawal tahun 2017 tepat bulan Februari saya merasakan hal yang tidak biasa saya alami jatuh sakit, apa yang jadi pelajaran adalah sakit ini awalnya typus dari hasil cek lab, begitu sembuh typus saya telat makan dan perasaan tak nyaman di perut sungguh luar biasa perihnya dan membuat saya terkapar selama 1 minggu, apa yang saya rasakan tak nyaman dan hari2 jadi banyak sensasi yang saya alami, dr telat makan perih, makan harus sedikit2 tapi sering, dan tidur harus dengan bantal tinggi, kurangi konsumsi makanan pedas, asam dan berlemak. Yang saya rasakan begitu rasa was2 tinggi, kecemasan dan buat jalan rasanya berat banget.

Seminggu berlalu

Apa yang saya alami saat itu adalah memang jadi sebuah pelajaran hidup, saat terkapar sakit yang harus tahu dari penyebab awal dan kebiasaan sebelumnya, Apa yang kita makan itu bisa jadi sumber kesehatan, sumber kesakitan ditambah gaya hidup yang tidak teratur, kurang lebih hampir 3-4 Bulan saya sakit dan pemeriksaan berlanjut dr RSCM untuk Konsultasi Penyakit Dalam dengan Dr.Ari F Syam  hasil hanya kecemasan berlebihan yang produksi asam lambung jadi tinggi, berlanjut lagi belum lama ini untuk pengecekan di RS.Jakarta hasilnya untuk kesehatan organ lain tidak ada masalah hanya dari kebiasaan gaya hidup dan pola makan, lebih menunjukan kalau sakit yang saya alami adalah sakit Lambung Fungsional lengkapnya disini Sisi Psikologis Masalah Lambung

Gaya Hidup seperti apa yang tubuh memberi alarm ?

Gaya Hidup jaman sekarang tidak jauh dari kebiasaan sehari2, sederhana saja saya memang waktu itu untuk jam istrahat kurang saya maksimalkan, dan sering begadang dan waktu durasi istrh kurang , baru bisa tidur jam 2-3 pagi dan bangun jam 7 pagi, pada saat begadang yang tidak terkontrol asupan dimalam hari adalah makanan yang terbilang besar masuk kedalam tubuh seperti nasi goreng, sop, sate, dengan waktu makan di jam2 12 keatas, yang mana kalau di ilmu medis ada saatnya Lambung untuk istrh dan jam2 malam kurang lebih waktu makan malam adalah 3 jam sebelum tidur baiknya makan dibawah jam 9 malam. Dari kebiasaan kopi  juga saya sangat merasakan kalau dihitung perhari saya bisa habis 4 cangkir kopi dengan konsumsu kopi yang berkafein. Saya hobi makan dan tidak terkontrolnya makan yang masuk dengan banyak lemak dan pada waktu itu sayapun kurang suka makan sayur2an , kalau makan lebih suka kering dan pedas mungkin dari sini jadi alarm tubuh untuk memperbaiki pola makan . Selalu menunda makan dijam2 sibuk ini juga jadi faktor pada saat lapar kita terkadang entar2an untuk makan, dengan alasan pekerjaan “tanggung” ini juga jadi kebiasaan waktu itu, di jam sarapan pun terkadang melewatkan dengan alasan sudah ngopi dan makan gorengan cukup, kalau melihat usia mungkin kebiasan seperti ini sudah seharusnya dihindari karena tubuh kita akumulasi dari apa yang kita makan sehari2 , terkadang hanya mengikuti cita rasa namun tidak melihat asupan yg baik untuk tubuh. Memperbaiki gaya hidup dari kebiasaan sehari2 jadi perubahan penting jangan selalu mengikuti keinginan rasa saja, banyaknya tempat kuliner yang menyediakan berbagai fasilitas dan mengutamakan  menu kekinian jadi perhitungan saya juga sekarang ini bukan dari kantong yaaa 😀  tapi lebih melihat dari penyajian dan bahan yang digunakan saya sekarang jadi lebih teliti ini, kemarin2 mah taunya enak nih ayo beli, eh jadi keseringan beli yang gak kekontrol karena udah kena rasa. Jadi latah dengan gaya hidup kebiasaan yang tidak mengontrol kondisi tubuh, maunya makan enak terus.

Merubah Pola Makan

Ya lagi-lagi makanan yang jadi penyebab utama ketika sedang sakit, yang merubah dari kebiasan makanan adalah sukanya dengan makanan berlemak, minuman bersoda, makanan cepat saji, sudah seharusnya kurangki konsumsi gula dan garam ini juga yang sekarang jadi perhatian buat saya, setelah sakit yang jadi perubahan bagi saya sangat berasa, kurang konsumsi sayur dan sekarang jadi makanan yang selalu ada setiap hari dan konsumsi buah pun terus ditingkatkan, ngemil yang biasa kue2 juga sekarang jadi perhatian saya, lebih milih ngemil buah sekarang, untuk air putuh cukup perharinya, kenapa waktu itu saya olahraga lari terbilang cukup dan sakit? kembali lagi dari makanan ko, mau olahraga berkeringat dan habis olahraga langsung makan berlemak dan santan2 waktu itu gak seimbang sama hasil keringatnya soalnya.

Untuk selalu diperhatikan adalah bangun pagi dengan minum segelas air hangat dan perasan lemon, tidak melewatkan sarapan sayapun jadi sering sarapan oat dan topping buah2 tiap hari, pokoknya buah diusahakan pagi sebelum sarapan dan makan telur putihnya saja 2/3 biji.

Makan siang pilihan  gado-gado, ayam (dada) tanpa kulit dan ikan ada sayur bayam/capcay + Tempe goreng tanpa tepung/bacem  dulu sebelum sakit pasti selalu pedas dan kering dan banyak mengandung minyak, yang harus dirubah juga dari jam makan intinya jangan sampai telat makan, kalau telat ada pengikisan di lambung yang berakibat perih. Dari kebiasaan minum juga sebelum sakit itu minum yg namanya bersoda juga sering ini yang jadi PR juga buat saya, harus dihindari. Makan Indomie dengan Nasi ini tidak dianjurkan, kalau cepat kenyang memang cepat tapi ada efeknya Bahaya Makan Mie dengan Nasi  . Untuk minum setelah makan memang harus ada jarak tapi kalau seret minum aja tapi jangan banyak2 minum nanti bisa jadi makanan tertekan adanya angin masuk saat ngunyah dan mulut yg terbuka membuat perut kembung dan tidak nyaman, kenapa kalau pas makan kita gak boleh sambil ngomong? ya setahu saya hasil dr konsul dokter selalu diingatkan kunyah yg agak lama untuk lebih mudah dicerna karena pada saat makan sambil ngomong ada udara masuk yang ikut ketelan dan bisa jadi kembung dan asam lambung naik, kalau soal mengunyah bisa tengok disini 15 Manfaat Mengunyah Makanan lama Sampai Halus , untuk minum biasakan setelah makan panas atau yg berlemak jangan langsung dihajar dengan minuman dingin, ini yang dulu memang jadi kebiasaan saya yang terlihat segar dan enak minum dingin apa lagi es teh manis waktu itu, ternyata kebiasaan minum air dingin setelah makan saya baru tahu mempersempit saluran usus membekunya makanan berminyak yang baru dimakan akan memperlambat proses pencernaan dan lemak yang terbentuk dalam usus akan mempersempit saluran pencernaan dan lama kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul. Kurang lebih seperti itu kebiasaan yang sehari2 buat teman2 juga harus dirubah yaaaa dari makanan terutama.

Saya berucap karena saya yang pernah mengalaminya sendiri, terutama buat teman2 terkadang kita sehat lupa makan ini itu yang gak ke kontrol membuat jadi kebiasaan yang mau makanan mengikuti rasa tanpa mengontrol kondisi kesehatan tubuh. Sakit itu banyak yang dialami dari apa yang kita makan, maka dari itu ini jadi pelajaran buat saya untuk merubah kebiasaan sebelumnya 75% sakit ulah sendiri, ingat terus memperbaiki 3P+1 (Pola Makan, Pola Hidup, Pola Pikir + Pola Ibadah) ada juga 4 Elemen Pola Makan ( 2S Sumber dan Saji) + 2J (Jadwal dan Jumlah/Kalori) untuk Olahraga disesuaikan dengan kondisi masing2 intnya aktifitas pagi bangun tidur bisa jalan santai/lari2 30 menit.

Menutup tahun 2017 ini jadi pelajaran penting dari kebiasaan yang kurang kontrol, semoga di tahun 2018 kita bisa lebih memperhatikan dengan kondisi tubuh kita masing2 dari Gaya Hidup dan Pola Makan harus lebih diperhatikan.

DSN9Gg3VAAItPDB

Pola Makan – @p2ptmkemenkesRI

 

 

DSHZNEuUEAAHorl

Aktivitas Fisik -@p2ptmkemenkesRI

 

DR97yXsVQAInvDY

Tips Kerja di Depan Komputer – @p2ptmkemenkesRI

 

DSCTdVoVwAA2N3L

Computer Vision Syndrome – @p2ptmkemenkesRI

 

DRqkpyAU8AApejb

Manajeman Stres – @p2ptmkemenkesRI

 

Posted in Cara Pandang, Cerita Sekitar | Tagged , , | Leave a comment

Kembali

Setelah lama ndak postang-posting di blog ini sedikit ada uneg-uneg yang ingin disampaikan, yang pasti untuk selalu jaga kesehatan buat semuanya….

Hampir 3 Bulan terkapar ndak bisa apa2 hanya terbaring,benar kata orang2 yang selalu bilang Sehat itu mahal.

Kebiasaan gaya hidup yang memang kalau mengikuti keinginan terus ndak ada habisnya LEBIH MEMBELA LIDAH DARI PADA BADAN dari Pola makan, pola kebiasaan semua harus dirubah, sebelumnya kebiasaan yang saya alami adalah seringnya ngopi sehari bisa 4 kali dan makan sering telat, seringnya begadang juga. Alhasil ngalami drop 3 Bulan.

Sampe ke Klinik ada 7 kali bolak-balik dan Konsultasi ke Spesialis Penyakit Dalam di RSCM.
Hasil Konsul Gerd, yg sering berhubungan dengan pola makan dan pikiran saat stress dimana ketika pikiran menyebabkan sakit fisik . Sakit ini berbagai macam rasa hampir kesmua tubuh dirasakan dari tangan, kaki, kepala dan dada kiri.

Buat teman2 yang keseringan ngopi kiranya untuk dikurangi secukupnya saja, kafein kalau kebanyakan nggak bagus buat tubuh dan makanan jangan keseringan yg instan.

Pola yang sebelumnya dan sekarang memang seudah saya rubah, kadang ada rasa ingin merasakan makanan dan minuman seperti dulu tapi saya sadar nggak bagus nanti kalau sudah tua.

1. Saya sudah mengurangi ngopi(Sebelumnya 4 kali sehari) skrg malah sering AP (Air Putih)
2. Jadi sering Sarapan Pagi harus ada sayur bayam (Biasanya pagi cuma gorengan sama kopi)
3. Makan jadi sering yg biasanya cuma makan 2 kali sehari (intinya makan malam usahakan sebelum tidur 3 jam misal jam 9 malem tidur jadi makanya jam 6-7)
4. Begadang juga sudah berkurang (dulu sebelumnya sering tidur diatas jam 2 bangun jam 6 )
5. Minuman bersoda juga sering sebelumnya (Sekarang sudah kapok)

Ini sakit sebenernya mengingatkan kalau makan masih muda apa aja dimakan tapi efeknya dimasa tua, jadi untuk selalu menjaga asupan , pola makan, olahraga rutin jangan malas, sama stress juga kadang memperburuk fisik.

Mudik 2017

Mudik masih dalam keadaan sempoyongan itu hanya pikiran dan kecemasaan yg berlebihan kalau kata dokter, dimana mudik tahun ini semua bisa saya rasakan sepoerti tahun sebelumnya dengan tradisi bertemu keluarga, Solo jadi tujuan utama pulang kampung sebelum ke Wonosobo (Gak jadi), sudah hampir 3 tahun belakangan ini mudik selalu naik Kereta Api, terbilang cukup asik dalam perjalanan dan tidak lama sama tidak terlalu cepat , perjalanan asik itu harus dinikmati selama 8 jam 😀 Perjalanan di mulai dari Stasiun Gambir tujuan Solo Balapan, Kereta yang tiap tahun makin kece makin memanjakan penumpang agar tidak bosan dalam perjalanan, dari segi interior yang makin yahud

Sampai di Solo Balapan gak lupa yaaa, makin hari makin dipercantik bikin kangen terus bawaanya 😀

Selamat lebaran mohon maaf lahir bathin mumpung masih suasana halal bihalal 🙂

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Baca Dulu, Tahan Jangan Sebarkan!

Semangat awal memang selalu menggebu tapi jangan juga tergesa menyikapi banyaknya informasi yang ada sekarang ini, tantangan yang begitu jelas di depan mata berbarengan dengan adanya budaya digital di masyarakat kita  sekarang ini tak lepas dengan maraknya informasi yang mudah dibuat tanpa memperhitungkan dampaknya, ada yang memang mencari keuntungan untuk diri sendiri maupun kelompok tanpa melihat dampak pada orang lain yang berimbas semua tertarik dengan judul tanpa melihat sumber informasi dan menyaring situs yang mementingkan pihak tertentu.

Ketika melihat banyaknya Informasi yang mudah didapat dan melihat dari tautan judul Clickbait sekali klik share, jumlah like dan koment yang banyak (artinya sudah memulai perdebatan antara pihak pro dan kontra) yang bermula dari sebuah judul berita disalah satu situs contohnya yang sekarang ini banyak dirasakan belakangan ini, terutama di branda Facebook saya dan Twitter bermodalkan screencaptur, foto dan judul yang cepat ingin dapat reaksi dari si pembaca.

Tetap Konsisten dalam Bersosial Media dalam arti kembali ke tujuan , yang saya memang sangat minat Informasi yang  update. Updatenya Informasi saya sangat pilah pilih, terutama saya kenal Internet cukup membuat penasaran dengan kata pencarian. Kalau dibilang nyerah dan tidak siap saya mungkin sudah tidak pernah kelihatan di Online. Saya masih bisa mendapatkan Informasi yang bermanfaat dan untuk dipelajari selanjutnya, mengunjungi situs luar yang memang selalu memberi perkembangan perubahan dalam kemajuan Teknologi.Sedangkan disini masih saja meributkan dari sebuah judul dr media online yang sangat mengundang pembaca. Saya punya Tips cara agar tidak terbawa arus untuk komentar berlebihan yang jatuhnya menimbulkan kebencian karena melebihi batas dalam ucapan, yang aturan untuk bertukar pendapat malah jadi saling serang sana-sini

  1. Tidak perlu terburu2 mengabarkan model screncaptur atau judul sebuah berita di media online, ditunggu klarifikasi terlebih dahulu!
  2. Melihat reaksi dari pembaca yang memang kalau judul luar biasa minat rasa ingin tahu besar, mohon di tahan !
  3. Saya biasanya kalau baca cari perbandingan sebuah judul di salah satu media mana yang terlihat memihak dan mana yang memang biasa saja tapi buat saya tahu , dan saya menahan tidak mau berkomentar selalu yaaa menahan komentar yang memojokan!
  4. Mempelajari dan meneliti dengan pemahaman ala kadarnya seperti contoh aplikasi WA maupun BBM dan Sejenisnya saya selalu cek dan ricek , ada yang memang cari sensasi dan adapula yang keisengan melebihi batas, dijaman sekarang ini sangat mudah melihat dari aplikasi yang biasa kita gunakan, biasanya tidak jauh ada yang namanya fake aplikasi kembali lagi pada user.
  5. Sejatinya kita di sosial media hanya mengontrak yang dikasih kebebasan dan timbal balik data kita digunakan oleh penyedia layanan. Seperti halnya sebuah produk baru yang mengadakan riset dengan kriteria, usia dan jenis kelamin hal yang sama dilakuakan saat kita registerasi di akun sosmed. Jadi yang selama ini saya pantau reaksi paling santer itu memang ada yang punya panggung dan semua ingin followernya memberi reaksi munculah dari kubu ini, itu!

Ketika yang lain menyerah untuk beralih ke Sosmed yang lain memang ada sebuah pilihan  untuk tidak terbawa arus dalam ucapan dan peranya masing2. Mengundang reaksi memang sangat mudah digunakan yang berbarengan dengan moment, tak lepas juga dari penyebar isu yang kian banyak dan terkadang tidak bertanggung jawab.

Belum lagi banyaknya Hoax yang beredar belakangan ini antara ingin cepat menyebarkan dan berkomentar tanpa melihat sumber, inilah  salah satu kelemahan yang sering terjadi. Buat teman2 jika tidak ingin terjebak dalam Hoax rekomen dari saya untuk perbandingan isu yang disebar teman atau yang kita tahu di sosial media lainnya, saran saya   coba untuk bergabung di group Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax yang ada di Facebook . Isu yang memang santer  jadi perbincangan Netizen bisa jadi penyeimbangan Informasi, dari yang tipe penyebar Hoax dan ada Klarifikasi. Jadi intinya kita sebagai pembaca tahu menahan diri dan tidak ikut2an untuk menyebarkan Hoax dan memfitnah.

 

c2qkej1ukaajxjp

Posted in Cara Pandang, Sosial Media | 4 Comments

Trend ‘Om TELOLET Om’

OM Telolet OM……

OM Telolet OM……

OM Telolet OM……

Yang Viral memang sangat menggoda, saya pun merasaknya  dengan canda dan tawa, ngomongin Om TELOLET Om untuk video saya sudah lihat  sekitar satu tahun yang lalu, tapi entah kenapa sekarang baru Viral yaaa 🙂

Teringat masa kecil , di kampung saya Wonogiri setiap ada Bis lewat memang ada khas sendiri bagi anak2 kampung yang unik melambaikan tangan Continue reading

Posted in Cara Pandang, Cerita Sekitar, Sosial Media | 11 Comments